PENGERTIAN NEGARA MAJU

On Monday 24 August 2015 0 comments



PENGERTIAN NEGARA MAJU
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.
Negara–Negara yang termasuk ke dalam Negara sebagian besar menempati kawasan benua eropa, amerika dan Australia. selanjutnya beberapa  Negara – Negara membentuk sekelompok Negara yang di sebut kelompk Negara G-8, yaitu terderi dari Negara amerika serikat, ingris, jepang, kanada, belanda ,jerman, dan rusia.uk selanjutnya kita akan mempelajari Negara –negara maju melalui kondisi fisik (social, ekonomu, budaya)
Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global.
1.      Amerika serikat
a.       Keadaan umum
Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States of America – USA atau United States – U.S.) adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Kecuali Alaska (utara Kanada) & Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara.
b.      Keadaan alam
·         Letak dan batas wilayah
·         Letak astronomi :
240 33’LU – 700 23’ LU dan 1720 BT – 660 BB

2.      Batas wilayah :
Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik.

c.       Keadaan penduduk
Penduduk amerika serikat berjumlah  + 293.027.570 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 32 jiwa /km2 , penduduk amerika serikat terdiri dari pendudkuk berkulit putih (+85%),orang kulit hitam (+12,1%) Dan kelompok etnis lain (+2,9%)

d.      Perekononian
Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.

e.      Kebudayaan
Perkembangan Budaya Amerika Serikat — sejarah, hari-hari libur, olah raga, agama, kuliner, musik, tari, dan seni rupa — banyak dipengaruhi oleh budaya eropa, khususnya inggris, serta budaya indian sebagai masyarakat asli.

f.       Pemerintahan
Pemerintahan amerika serikat menganut system federal y aitu  Federal adalah kata sifat (adjektif) dari kata Federasi. Biasanya kata ini merujuk pada pemerintahan pusat atau pemerintahan pada tingkat nasional, kepala negaraa di pimpin presiden.


PENGERTIAN NEGARA BERKEMBANG
Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin.
1.      Indonesia
a.       keadaan umum
Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa, yang memberikan cuaca tropis.
b.      Keadaan alam
·         Letak astronomi :
Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°8LU – 11°08’LS dan dari 95°’BB – 141°45’BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.
c.       Keadaan penduduk
Indonesia adalah Bangsa Austronesia, dan terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik, yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah, misalnya Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau. Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk Indonesia, yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.[40] Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Buddha (0,8%), dan lain-lain (0,3%). Selain agama-agama tersebut, pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui Konghucu.
d.      Perekonomian
Sistem ekonomi Indonesia awalnya didukung dengan diluncurkannya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) yang menjadi mata uang pertama Republik Indonesia, yang selanjutnya berganti menjadi Rupiah. Idonesia berpenghasilan rata-rata berkisar antara U$820 yang didukung beberapa sector  seperti :
·         Pertanian
·         Perkebunan
·         Perternakan
·         Pertambngan
·         Dll

e.       Kebudayaan
Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis, tiap etnis memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad, dipengaruhi oleh kebudayaan India, Arab, Cina, Eropa, dan termasuk kebudayaan sendiri yaitu Melayu. Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya dan mitologi Hindu, seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. Banyak juga seni tari yang berisikan nilai-nilai Islam. Beberapa di antaranya dapat ditemukan di daerah Sumatera seperti tari Ratéb Meuseukat dan tari Seudati dari Aceh.
f.       Pemerintahan
Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).



 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.