CARA BONGKAR PASANG KARBU SEPEDA
MOTOR
1. Semprot lobang di bagian bawah
reservoir carburetor dengan cairan carburetor cleaner spt DCS sambil tuas pompa
akselerator di tekan tekan (lihat gambar), supaya kotoran yg ngumpet didalam
lobang tsb bisa keluar. Lobang tsb adalah tempat mengalirnya sebagian bahan
bakar yg akan disemprot lewat pompa akselerator. Biasanya suka pada
kelupaan/gak pernah sama sekali utk membersihkan lobang tsb, soalnya kalo
lobang tsb mampet oleh kotoran maka pompa akselerator akan berkurang supply nya
dan efeknya tarikan mesin akan jadi berat
2. Setel kabel gas yg di Pompa
Akselerator dengan cara diputar ulirnya kemudian dikencangkan dengan mur
penguncinya. Ukuran yg benar adalah spt gambar di bawah ini :
Sedangkan yg dibawah ini adalah
enggak tepat, krn pompa nya menjadi tidak maksimal menyemprotkan bensin akibat
kabel gas nya terlalu kendor :
3. Pada waktu merakit kembali
karburator hati hati karet penutup tuas pompa akselator jangan sampai terjepit
celah diantara bagian bawah dan atas karbu. Kalo sampai terjepit akan
mengakibatkan kebocoran pada karbu. Kalo bocor bensin jadi rembes, stasioner
jadi gak rata, tarikan lemot, dan yg pasti boros bensin.
4. Sebelum memasang karbu di intake nya,
sebaiknya jarum skep (valve throttle) dimasukan ke dalam lobangnya terlebih
dulu. Tapi harus diperhatikan jangan sampai salah posisi yaitu skep nya harus
masuk sempurna spt gambar dibawah ini :
Kalo posisi masuknya spt gambar
dibawah ini adalah salah ! coba diputar putar skep sampai menemukan posisi spt
gambar yg diatas…Kejadian spt ini pernah dialami oleh bbrp teman kita …. Bahkan
salah satunya sampai kehilangan selera makan siangnya…huahuahua…. Setelah itu
baru dikencangkan dengan cukup menggunakan tangan
0 comments:
Post a Comment