ISTILAH DALAM KOMPUTER

On Monday 24 August 2015 0 comments



ISTILAH-ISTILAH DI DALAM INTERNET
1.      Pengertian Access Point dan Fungsinya
Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada (menggunakan mode bridge).


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiN-olr1pl3GVCnPzGPH8wR-aK3RB4PJGv30fmqfzAUnYsAnI8Ee1mZYHNfJJNJPY6pOLLfGZhSmtA4rBlh4f72P8OC-hYwRPdkoTSbV_PAFtvuxcNRFl4cnrpImcEIZdw42HTLW366ephF/s320/access_point.png
 


















Access Point berfungsi sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

2.      Pengertian Bandwidth

Pengertian Bandwidth - Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg18yjpwn2oZXbwhMNdyg5FrQrQgEjkZc0130m8jxsdTZBsxCI3sIz-QgQPmfH5q-E3xFIvsd3WD9ubnPjrXY1516bZeexlnoW38QgVqwOi1iLuCv5NoaktImhD5ca71pDo-1p3xQvHeKzh/s320/20070628-bandwidth-survey1.jpg
 









Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.

3.      Pengertian Browser,
Pengertian Browser adalah
Pengertian Browser adalah suatu aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi browser yang berkembang saat ini tidak hanya dapat menampilkan halaman yang berisi text atau tulisan saja, browser-browser populer sekarang dapat menampilkan gambar, musik, suara, video, file pdf dan data lainnya.
Browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang diberi nama browser Mosaic. Mosaic adalah nama browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web). Browser Mosaic pada masa awal lahirnya sangat digandrungi oleh para penjelajah internet. Hal itu terjadi karena Browser Mosaic adalah alat penjelajah internet pertama yang memiliki tampilan grafis dan terlihat lebih menarik. Kepopuleran Mosaic ternyata tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic mulai ditinggalkan dengan hadirnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan-lah browser-browser baru dengan kemampuan yang terus ditingkatkan hingga sampai saat ini.



pengertian browser
 









Beberapa Nama Browser Populer yang pernah ada:
a.       Internet Explorer
b.      Mozilla Firefox
c.       Google Chrome
d.      Safari Browser
e.       Opera
f.       Netscape
g.      Flock
Semua browser di atas mempunyai kemampuan dasar yang sama, yaitu dapat membuka dan menampilkan konten atau dokumen-dokumen yang tersimpan pada sebuah web server. Proses komunikasi antara browser dengan web server sehingga dapat menampilkan konten tulisan dan gambar yaitu dengan menggunakan HTTP (Hypertext Tranfer Protocol).
4.     Pengertian Dial Up
Dial Up adalah/ Dial Up yaitu/ Dial Up merupakan/ arti Dial Up/ Definisi Dial Up
Dial Up

Yang dimaksud Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Prosesnya seperti ini: komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Jika sudah terhubung maka komputer akan segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
Layanan Dial-up masih banyak dipergunakan orang. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan memperoleh layanan koneksi dengan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), itu terjadi karena keterbatasan area geografis dan biaya.
Diperlukan perangkat-perangkat seperti berikut ini untuk melakukan Dial-up Connection:
a.       Perangkat keras:
·         Komputer
·         Modem
·         Saluran Telepon
b.      Perangkat Lunak: Biasanya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
c.       Nama pengguna dan kata sandi: disediakan oleh ISP, login tidak bisa diganti tetapi password bida kita ganti sendiri untuk menjaga keamanan secara berkala.
Yang perlu kita lakukan yaitu:
·         Harus berlangganan ke salah satu ISP
·          Memasang modem ke komputer kita
·          Install software Internet yang telah disediakan oleh ISP
·         Mengkoneksikan/ Menghubungkan (dial-up) ke ISP


Sesudah komputer terkoneksi ke ISP maka pada saat itu komputer sudah bisa terhubung ke Internet dan kita bida memulai penjelajahan di Internet. Jika kita memutuskan hubungan modem ke ISP pada saat itu pula hubungan Internet kompuer akan terputus, itu karena hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem
5.      Pengertian Download Dan Upload
a.       pengertian download Download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user/pengguna yang melakukan proses download (unduh) yaitu proses dimana seorang user meminta atau merequest sebuah file dari sebuah komputer lain ( seperti: web site,server atau yang sebagainya) dan lalu menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi file dari internet ke komputer client/pengguna dapat dikatakan juga proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi.

b.      pengertian upload Upload adalah sering dikatakan juga dengan Unggah, yaitu merupakan suatu cara untuk mengirimkan File (contohnya seperti file: gambar, program, musik, dokumen pdf, dan lain-lain) dari komputer pribadi ke sebuah sistem Server dan file atau data akan di publikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau orang banyak.
Atau definisi Upload yang lainnya adalah suatu proses transmisi sebuah file atau Data dari sebuah sistem komputer pribadi ke sistem komputer yang lainnya (server) dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari jaringan internet, user yang melakukan proses upload yaitu proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang meminta file. Singkatnya proses transmisi atau pengiriman file ataupun data, dari komputer pribadi ke jaringan internet.


pengertian download dan upload
 










6.      pengertian online dan offline
a.      Definisi atau pengertian online dan offline – yaitu 2 (dua) kata yang sangat berkaitan sekali dengan dunia maya atau lebih tepatnya dengan internet. Sering kali kita menanyakan kepada teman atau kepada sahabat, apakah dia sering atau suka online di internet, akun media sosialnya online atau tidak, dan lain- lain. Apakah itu definisi online dan ofline? jika kamu belum mengetahui artinya,kamu dapat membaca dan mempelajarinya di bawah ini.
b.      Inilah definisi dari online dan offline
Online adalah istilah saat kita sedang terhubung dengan internet atau dunia maya, baik itu terhubung dengan akun media sosial kita, email dan berbagai jenis akun lainnya yang kita pakai atau gunakan lewat internet.
Sedangkan offline adalah suatu istilah untuk sebutan saat kita tidak terhubung dengan internet, lebih tepatnya tidak terkoneksi.

pengertian online dan ofline 






Lalu ada juga istilah connect dan disconnect adalah saat kita memutuskan hubungan dengan jaringan internet. Misalnya saat kita ingin terhubung maka harus connect terlebih dahulu, jika ingin memutuskandengan internet itu disebut dengan disconnect.

7.      Pengertian Server

Pengertian server adalah sebuah komputer yang mengatur lalu lintas data yang terjadi pada sebuah jaringan. Pada sebuah jaringan terdiri diri banyak beberapa komputer dan saling terhubung. Komputer server ini memberikan pelayanan bagi sejumlah komputer yang saling berhubungan, dalam melakukan akses data misalnya untuk untuk pembatasan akses, melakukan kontrol data, dan aliran data yang terjadi.




pengertian server
 







Fungsi server dalam sebuah jaringan secara umum meliputi :
·         Menyimpan database dan aplikasi yang dibutuhkan oleh komputer client
·         Memberikan keamanan dengan fitur security yang berbasis server
·         Memberikan perlindungan firewall pada seluruh jaringan komputer
Dalam membangun sebuah server komputer diperlukan spesifikasi hardware komputer yang lebih dibandingkan dengan komputer biasa. Untuk komputer server pun digunakan sistem operasi khusus yang disebut sistem operasi server, seperti berikut :
·         Microsoft Windows Server 2008
·         Sun Solaris
·         UNIX
·         Linux Redhat
·         Amiga
·         Debian
Spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah komputer server seperti berikut :
a.       RAM – Kapasitas yang menjangkau seluruh kegiatan client yankni akses query yang digunakan seluruh komputer dalam jaringan. Hal ini sangat berhubungan terhadap memori komputer yang cukup untuk akses seluruh komputer dalam jaringan.
b.      Processor – Selain memori yang cukup, kecepatan akses yang cepat harus dimiliki oleh processor komputer. Kegiatan multi tasking server harus diimbangi dengan kemampuan processor.
c.       Hard Drive – Penyimpanan adalah hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan, karena pada sebuah topologi jaringan komputer seluruh penyimpanan data akan terpusat pada komputer server

Jenis-jenis Server

Terdapat beberapa jenis server yang dikategorikan dari fungsinya seperti berikut :
·         Proxy Server – Server proxy melakukan pembatasan terhadap permintaan, kinerja koneksi dan sharing file antara client dan server diluar jaringan
·         Telnet Server – Melakukan remote komputer dengan melakukan log in dan log out sebuah komputer host
·         Virtual Server – Membuat jumlah server fisik, seolah-olah menjadi beberapa server.
·         Web Server – Memberikan konten pada ke web browser untuk berkomunikasi dengan menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
·         Server Audio dan Video – Memberikan fitur multimedia pada sebuah situs web untuk menyiarkan streaming konten multimedia
·         File Transfer Protocol Server : FTP server digunakan untuk transfer data dalam jaringan
·         Server Aplikasi: berfungsi untuk mengolah perintah dalam jaringan antara client dan database
·         Mail Server – Jenis server yang menangani permasalahan untuk menangani e-mail
·         News Server – Melakukan istribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, melalui jaringan berita USENET

8.      Pengertian wireless
Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang dipakai untuk mengakses internet.
Berikut ini kelebihan & kekurangan wireless
Kelebihan Wireless, sebagai mana di bawah ini :
a.       Pembagunan jaringan yang cepat.
b.      Mudah dan murah untuk direlokasi.
c.       Biaya pemeliharaannya murah.
d.      Infrastruktur berdimensi kecil.
e.       Mudah untuk dikembangkan.
f.       Sumber-sumber file bisa pindahkan dengan mudah tanpa menggunakan media kabel.
g.      Mudah sekali untuk di-setup, dan juga handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor maupun di rumah.
Kekurangan wireless antara lain :
a.       Keamanan atau kerahasiaan data data rentan.
b.      Interferensi gelombang radio.
c.       Delay (kelambatan) yang besar.
d.      Biaya peralatan rata-rata mahal.
e.       Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.
f.       Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara maupun cuaca, artinya kualitas dari koneksinya saat cuaca bagus akan berbeda, saat kualitas koneksi cuaca buruk (kalau dipakai diluar gedung/ruangan) dan dipengaruhi juga oleh batas-batas dinding gedung atau ruangan.
g.      Mahal dalam investasinya, kalau dibanding dengan menggunakan media kabel.
h.      Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibandingkan dengan menggunakan media kabel.
Perinsip kerja wireless
Pengertian Wireless NetworkCara kerja wireless ini disebabkan karena komputer mempunyaii built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver yang disebut dengan adapter wireless. Adaptor wireless melakukan sejumlah pekerjaan. Yang pertama, mendeteksi apakah terdapat jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan  juga tuning menghubungkan penerima untuk mendeteksi setiap ada sinyal yang masuk. Setelah ada sinyal terdeteksi, untuk menghubungkannya yaitu melalui sign dan otentikasi pengguna. Apapun data yang dikirimkan dari komputer atau melalui laptop/notebook diubah melalui adaptor wireless, dari bentuk digital (0s & 1s) menjadi sinyal radio (bentuk analog).














Cara kerja dari wireless selanjutnya adalah proses sebaliknya saat menerima informasi pada komputer melalui jaringan wireless. Kali ini router menerima data digtal dari internet dan juga memodulasi kedalam bentuk analog. Lalu kemudian antena adapter wireless menerima sinyal analog dimodulasi dan demodulates kembali kedalam bentuk digital lalu ditransfer kedalam komputer. Sebuah teknologi yang membuat semua ini terjadi karena adanya jaringan wireless, link yang penting dalam jaringan wireless adalah router dan adapter wireless/Wi-Fi. Pada saat ini, kebanyakan laptop maupun komputer sudah dilengkapi dengan hardware dan juga software wireless/WiFi. Jaringan Hotspot wireless daerah di sekitar router wireless yang mempunyai kekuatan sinyal yang tinggi. Tentu saja cara kerja wireless melakukan transfer data yang lebih cepat di jaringan wireless ini.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.