5 Custom ROM Terbaik untuk Semua Tipe Android

On Tuesday 25 August 2015 0 comments

5 Custom ROM Terbaik untuk Semua Tipe Android

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan menginstal custom ROM pada android Anda. Selain untuk mengubah tampilan ponsel atau tablet android secara total, memasang custom ROM juga dapat meningkatkan performa dan fungsi perangkat android Anda.

Bila Anda tidak menyukai performa dan tampilan OS bawaan, Anda dapat menginstall satu dari banyak custom ROM yag ada di internet untuk merubah tampilan dan performa secara total. Berikut 5 custom ROMs terbaik untuk semua tipe android Anda.

1. CyanogenMod
CyanogenMod adalah penyedia custom ROM android terbesar dan terpopuler saat ini dengan lebih dari satu juta pengguna terdaftar dan terus bertambah. Custom ROM dari CyanogenMod sangat terkenal karena mereka menyediakan custom ROM untuk  semua jenis perangkat android. Selain itu, mereka juga menawarkan banyak fitur yang bagus yang tidak dimiliki oleh ROM android resmi.
Fitur yang dimiliki antara lain kemampuan untuk memodifikasi tampilan shortcut dock pada home, panel pengaturan suara yang lebih baik, launcher tambahan yang bervariasi, meningkatkan kemampuan kamera, konfigurasi tema dan status bar, lockscreen khusus, dan masih banyak lagi.
Custom ROM Terbaik - CyanogenMod

2. MIUI
MIUI adalah custom ROM android terbesar kedua setelah CyanogenMod. Fitur unggulannya adalah tampilan ROM yang mirip dengan iOS. Selain itu, MIUI juga memiliki fitur unggulan lain seperti flashlight (senter), aplikasi catatan (notes), aplikasi cuaca, pilihan tema yang bervariasi, dan aplikasi-aplikasi yang terkait dengan keamanan perangkat.
Bila Anda bosan dengan tampilan dan android Anda, MIUI adalah ROM yang patut Anda coba.
Custom ROM Terbaik - MIUI

3. Paranoid Android
Paranoid Android adalah custom ROM android yang dapat digunakan untuk memodifikasi dan mempercantik android Anda. Basisya sama dengan CyanogenMod, yaitu AOSP. Namun, setelah versi Jelly Bean 4.2.1, Paranoid mengeluarkan versinya sendiri. Hal yang unik dari ROM ini adalah mode hybrid-nya yang membuat Anda bisa dengan mudah berpindah tampilan diantara smartphone, tablet, dan phablet.
Fitur unggulan hybrid engine mengijinkan Anda untuk menentukan DPI pada per-app-basis sendiri. Ini berarti Anda dapat menjalankan aplikasi pada mode ponsel, atau pada mode tablet, bahkan pada mode phablet (phone-tablet). Anda juga dapat mengatur warna untuk aplikasi jadi warna pemberitahuan dan menu bar sama dengan warna aplikasi yang dijalankan.
Fitur unggulan lain dari ROM ini adalah PIE control dan Halo. Pie controls adalah menu berbentuk lingkaran yang pilihannya bergantung pada arahnya. Secara ringkas, mode PIE menghilangkan navigation bar dan status bar, sehingga semua menjadi full screen. Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu menggeser (swipe) di bagian samping perangkat dan menu PIE akan muncul.
Fitur Halo pada dasarnya adalah system pemberitahuan pintar yang prinsip kerjanya sama dengan Facebook Chat Heads, hanya saja ini lebih baik. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk Nexus dan OPPO Find 5. Namun banyak pengembang (developer) yang mem-porting fitur ini agar sehingga digunakan pada Samsung Galaxy S3, Galaxy S4, Samsung Galaxy Note 2, dan masih banyak lagi.
Custom ROM Terbaik - Paranoid Android

4. AOKP (Android Open Kang Project)
AOKP adalah custom ROM yang paling terkenal ketiga saat ini. Sama dengan Paranoid Android, ROM ini membuat Anda bisa ‘bermain-main’ dengan tampilan ponsel atau tablet Anda.
AOKP sangat sesuai untuk Nexus karena Anda dapat merubah warna tombol pada layar. ROM ini juga memiliki opsi untuk membuat status bar dan navigation bar menjadi transparan, serta mengaktifkan notifikasi lampu LED. Stabilitas menjadi pertimbangan developer AOKP. Custom ROM AOKP telah support untuk banyak perangkat, diantaranya Nexus, Samsung Galaxy S3, Galaxy Note II, Motorola Droid 3, Droid 4, Droid Bionic, dan masih banyak lagi.
Custom ROM Terbaik - AOKP

5. SlimBean
SlimBean custom ROM yang sangat ringan. Namun jangan salah, meskipun ringan Slimbean memiliki fitur yang kaya dan stabilitas yang baik. Slimbean memiliki custom kernel sendiri yang memungkinkan Anda untuk meng-overclock atau meng-underclock processor android. Selain meningkatkan performa, custom ROMs ini juga menawarkan daya baterai yang lebih awet.
Fitur Slimbean lain yang tidak ada pada custom ROM lain adalah Real Dark Slim. Dengan fitur ini, Anda dapat merubah warna tampilan dengan sekali sentuh. ROM SlimBean mendukung hampir semua perangkat android.
Custom ROM Terbaik - SlimBean
Itu dia 5 custom ROM terbaik untuk semua tipe android Anda. Silakan pilih berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk meningkatkan performa dan mempercantik tampilan android Anda

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.